FASHION HIJABERS BY ZHARIFAH.ID
ZHARIFAH.ID FASHION
1. Profil Zharifah.id Fashion
Zharifah hijab merupakan salahsatu brand lokal yang memperkuat fashion hijab Tanah Air sejak tahun 2019. Zharifah hadir dengan koleksi bergaris feminin yang mengusung gaya untuk semua tipe kepribadian perempuan Indonesia. Mereka yang trendi dengan gaya muda ceria, klasik maupun eksklusif, dan selalu tampil beda di setiap kesempatan, akan semakin percaya diri dengan koleksi Zharifah.
Sebagai fashion hijabnya perempuan Indonesia, koleksi juga diwarnai dengan pemakaian motif yang diinspirasi oleh motif tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam aneka warna pilihan, motif-motif yang telah dimodifikasi oleh tim desain Zharifah ini, menjadi identitas tersendiri bagi sebuah karya anak negeri.
VISI:
- Mendorong kaum hawa untuk berhijab.
- Menambah keimanan dan ketaqwaan.
- Menjadi perusahaan yang sukses.
MISI:
- Menjual produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.
- Memberikan pelayanan yang terbaik.
- Meningkatkan inovasi-inovasi style busana muslim.
~PRODUK USAHA~
Produk (Barang)Zharifah.id akan memproduksi pakaian dan hijab modern dengan harga yang terjangkau untuk remaja. Kelebihan produk yang saya produksi ialah desain model pakaianadalah hasil desain sendiri sehingga tidak pasaran. Memberikan inovai baru padarancangan
baju atau hijab. Barang akan saya produksi :
- Tunik
- Gamis
- Blus
- Blezer
- Rok Panjang
- Jilbab segi empat (polos & motif)
- Jilbab pashmina instan
Gambaran Produk
Produk yang akan diluncurkan didesain sedemikian rupa sehingga membuat busana muslimahterlihat simple namun tetap terkesan elegan, dengan warna yang soft.Bahan yang digunaka adalah bahan yang nyaman saat di gunakan
tidak panas dan tidaknerawang, serta modis dan selalu mengikuti perkembangan trend masa kini.
Rencana Produksi
Untuk produksinya, Zharifah.id akan memproduksi pakaian muslimah dan jilbab dalam skala kecil untuk setiap modelnya yang akan di desainoleh saya sendiriserta dibantu beberapa karyawan untuk mejahit. Hal ini di maksudkan agar model yangdapat dipilih oleh konsumen bervariasi sehingga dapat membantu wanita muslimmengeksplorasi kreativitas dalam memilih produk kami.Adapun proses produksinya dilakukan dengan penyediaan alat dan bahan yangtentu saja berupa mesin jahit, mesin potong kain, mesik stik, dan setrika. Bahan bakunyayang terdiri dari beberapa yard kain, beberapa lusin benang, reslating, kancing. Bahan baku didapat dari pabrik yang sudah menjadi partner.
Data Usaha
Nama Usaha : Zharifah. Id
Bidang Usaha : Fashion Muslim
Jenis Produk : Pakaian Muslim Wanita dan Jilbab
Alamat Usaha : Jl. Alternative Bukit Jaya indah Sadang purwakarta
Nomor Telepon : 08191259800
Data Pemilik
Nama : Eva Zharifah Nur Patonah
Jenis Kelamin : Perempuan
Telepon/HP : 081912519800
Email : evazharifah17@gmail.com
Peran dalam Perusahaan : Owner
Desain Pemasaran
Desain strategi pemasaran yang saya gunakan dalam “zharifah. Id" ialah menggunakan analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning)
1.Segmentationa.
Demografis Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis seperti: Usia, Jenis Kelamin,Pendapatan, besarnya keluarga, ras, pendidikan, pekerjaan.
-Usia
dapat digunakan oleh muslimah dengankisaranusia mulai dari 17 - 30 tahun.
-Pendapatan
Produk dapat dibeli dengan pendapatan
konsumen golongan menengah keatas.Karena produk ini memberikan harga yang terjangkau
bagi kalangan muslimah remaja.
2.Targeting
Setelah memetakan pasar, tahap targeting adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar atau strategi target market. Setiap perusahaan memiliki target penjualan produknya, dalam hal ini target pemasaran adalah muslimah remaja mulai dari usia 17 tahun sampai 30tahun. Hal ini disebabkan karena produk memproduksi busanadengan warna soft, warna kalem yang cocok untuk anak remaja. Model yang didesain juga berdasarkanmodel yang sangat ini sedang ngetrend
di kalangan remajamuslim.
3.Positioning
Pada posisi pasar merupakan toko busana muslim yangmenjual pakaian untuk para musimah khususnya di kalangan remaja. Produk yangkami tawarkan ialah busana muslimah dan hijab dengan model yang tidak pasarandan trendy tetapi tetap menj
aga identitas seorang muslimah sesuai denga syari’at Islam.
Analisis 4P
1.Product (Produk) merupakan produk pakaian muslimah yang memberikankesan simple namun tetap elegan dan fashionable. Bahan yang digunakan tidak perludiragukan lagi, menggunakan bahan yang berkualitas, nyaman dipakai, tidak panas.Melewati proses produksi dengan jahitan yang rapi dan teliti. Model pakaian adalah hasildesain sendiri oleh ownersehinggi modelnya tidak pasaran dan tentunyatetap mengedepakankan etika berpakaian muslimah dalam Islam.
2.Price (Harga Jual)Harga merupakan variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis.Harga dapat menunjukan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya.Produkbmenawarkan harga yang telah disesuaikan dengan target pasar kami yaitu para remaja muslimah yang menuyukai barang yang berkulitas tetapidengan harga yang murah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variabellain. Tentunya kami akan mengutamakan kualitas barang.
3.Placement (Penempatan)Untuk tempat produksi dan penjualan kami jadikan satu yaitu terletak di daerahtengah kota sehingga mudah ditemui oleh pelanggan. Lokasi kami juga menyenangakanagar pelanggan dapat berbelanja dengan nyaman di toko kami.Untuk saluran distribusi kami menjual sendiri produk kami secara langsung ditempat, juga menjual secara online melalui media sosial Instagram. Kami menggunakansistem resseler untuk lebih mempercepat pengenalan produk kami.
4.Promotion (Promosi)Kami melakukan promosi melaui mulut ke mulut medi elektronik dan mediacetak. Media elktronik melalui instagram, adapun media cetak melalui brosur dengancara membagikannya kepada kelompok atau organisasi remaja muslimah yang ada dikampus dan perusahaan.